PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK SISWA SMP

Waruwu, Mawarniwati (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071016 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071016-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAN 2 KAJIAN TEORI)
1913071016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071016-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071016-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik, menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan. LKPD IPA SMP Kelas VIII berbasis problem based learning bermuatan socio-scientific issues pada materi zat aditif dan adiktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dan dibatasi pada tahap develop karena keterbatasan waktu penelitian. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik produk, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan. LKPD IPA yang dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu, 2 orang ahli pendidikan IPA, 2 orang guru IPA SMP, dan 10 orang peserta didik untuk uji kepraktisan dan 15 orang peserta didik kelas VIII SMPN 6 Singaraja untuk uji keterbacaan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD IPA yaitu mengacu pada model problem based learning, masalah yang tersaji pada LKPD merupakan socio-scientific issues, dilengkapi dengan pratikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD sangat tinggi dari uji ahli dengan skor 1.00. (2) LKPD sangat praktis dari guru 84,66%, dan praktis dari peserta didik 80,13%. (3) LKPD sangat terbaca dengan sebesar 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD IPA SMP kelas VIII berbasis problem based learning bermuatan socio-scientific issues pada materi zat aditif dan adiktif dinyatakan sangat valid, praktis, terbaca, dan dapat dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Socio-scientific Issues.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Mawarniwati Waruwu
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:51
Last Modified: 26 Oct 2023 04:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item