Wijaya, Eka Anastasia (2020) EFL TEACHER'S CLASSROOM MANAGEMENT PRACTICES AT AN INCLUSIVE SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021205-COVER.pdf Download (478kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021205-ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021205-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021205-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021205-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik manajemen kelas oleh seorang guru Bahasa Inggris di sekolah inklusif. Terdapat empat aspek utama dari manajemen kelas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu peraturan, lingkungan fisik, suasana kelas, dan peran guru. Subjek pada penelitian ini merupakan seorang guru Bahasa Inggris di kelas XI MM 2, SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen kelas oleh guru berhasil dilaksanakan dengan baik untuk siswa inklusif dan reguler. Peraturan yang dibuat oleh guru efektif untuk mengembangkan perilaku dan sikap siswa serta mendukung proses pembelajaran. Untuk lingkungan fisik, guru mempertimbangkan kebutuhan khusus dari siswa inklusif. Dalam hal ini, guru memberikan ruang yang cukup bagi siswa dengan cacat fisik untuk bergerak dengan bebas. Guru juga memberikan penguatan positif dan negatif terhadap sikap dan perilaku siswa. Selain itu, guru memodifikasi rencana belajar, instruksi, dan penilaian berdasarkan kebutuhan khusus siswa. Namun, guru tidak berinteraksi langsung dengan orang tua siswa inklusif dan hal tersebut perlu dilakukan guna mendukung proses pembelajaran. Selain itu, tidak terdapat guru pendamping khusus dan pelatihan untuk guru guna mendukung proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen kelas, sekolah inklusif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Eka Anastasia Wijaya |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 04:32 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1810 |
Actions (login required)
View Item |