EKSPLORASI BAHAN-BAHAN ALAM YANG DIGUNAKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MASYARAKAT DESA WEE RAME DAN INTEGRASINYA KE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA

Mone, Apliana Priskila (2023) EKSPLORASI BAHAN-BAHAN ALAM YANG DIGUNAKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MASYARAKAT DESA WEE RAME DAN INTEGRASINYA KE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031017-COVER.pdf

Download (524kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031017-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031017-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendekripsikan dan menjelaskan bahan-bahan alam dan kandungan kimianya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Wee Rame, Nusa Tenggara Timur serta potensinya untuk diintegrasikan ke dalam pembelajaran kimia SMA. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif. Subjek penelitiannya adalah bahan-bahan alam yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Wee Rame. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 67 bahan-bahan alam yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa Wee Rame, yang mencakup 2 jenis bahan mineral dan 65 jenis bahan organik. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk keperluan sandang, pangan, papan, kesehatan, kosmetik, dan adat/sosial budaya. Bahan-bahan mineral yang digunakan meliputi batu kapur dan tanah liat. Bahan-bahan tersebut mengandung kalsium karbonat dan leburan silika dan alumunium. Sedangkan, bahan-bahan organik yang digunakan meliputi kapas, saeh, padi, jagung, singkong, talas, ubi jalar, kopi robusta, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, tomat, jeruk purut, jahe, kemangi, salam, lengkuas, kayu manis, kemiri, kencur, kunyit, daun pandan, serai, cabai rawit, labu siam, kelapa, pisang, pepaya, sirsak, mangga, alpukat, nangka, bayam duri, terong, metimun, kelor, jati, mahoni, bambu, kesambi, binahong, kumis kucing, alang-alang, gandarusa, ketepeng cina, jarak, balakacida, cengkeh, asam jawa, johar, jambu biji, nitas, beluntas, gulma bandotan, mahkota dewa, mimba, bligo, daun afrika, waru, sukun, lidah buaya, kembang sepatu, pacar air, sirih, dan pinang. Bagian bahan organik yang digunakan masyarakat Desa Wee Rame meliputi bagian akar, batang, kulit batang, daun, umbi atau rimpang, buah, dan biji. Kandungan kimia bahan-bahan alam tersebut meliputi flavonoid, saponin, alkaloid tanin, terpenoid, vitamin, fenolik, steroid, glikosida, dan minyak atsiri. Bahan-bahan alam dapat diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran kimia SMA, misalnya pada materi peran kimia dalam kehidupan, ikatan kimia, larutan elektrolit dan nonelektrolit, senyawa hidrokarbon, indikator asam basa, sistem koloid, dan polimer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan alam, desa Wee Rame, pembelajaran kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: APLIANA PRISKILA MONE
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:59
Last Modified: 27 Oct 2023 01:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item