Adinata, Gede Sudi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ICT TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI (GERAK MELOMPAT, GERAK KESEIMBANGAN DAN CIUM LUTUT) PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011060-COVER.pdf Download (514kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011060-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1)
1916011060-BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text (BAB 2)
1916011060-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1916011060- BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1916011060-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1916011060-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011060-LAMPIRAN.pdf Download (717kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbantuan media ICT TPACK terhadap hasil belajar senam lantai materi melompat, gerak keseimbangan dan cium lutut peserta didik kelas III SD Negeri 3 Banjar Jawa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest dan Post-test Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 3 Banjar Jawa yaitu terdiri dari 106 orang peserta didik dan dibagi menjadi 3 kelas. Pengambilan sampel dapat dilakukan dengan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas 3A sebagai kelompok eksperimen dan kelas 3B sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar senam lantai dikumpulkan melalui tes esai untuk aspek kognitif dan unjuk kerja untuk aspek psikomotor. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,528 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,430. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media ICT TPACK terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas III SD Negeri 3 Banjar Jawa. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media ICT TPACK karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik. Kata kunci: hasil belajar, media ICT TPACK, problem based learning, senam lantai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, media ICT TPACK, problem based learning, senam lantai. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Gede Sudi Adinata |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 22:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 22:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18164 |
Actions (login required)
View Item |