Putri, Ni Putu Dila Mahesta (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011058-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011058-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011058-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam menyelesaikan masalah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dikarenakan siswa belum mampu menganalisis masalah, mengaitkan serta mengaplikasikan materi yang mereka pelajari khususnya materi limit fungsi aljabar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui serta melihat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Denpasar dengan jumlah 396 orang, yang kemudian ditentukan sampel minimal menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 199 orang siswa. Penetapan sampel dari populasi dilanjutkan dengan teknik Cluster Random Sampling. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis menggunakan uji T-Satu Ekor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan, didapat Thitung = 4,006458 > Ttabel = 2,258 . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Posing lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Posing memberikan pengaruh/dampak yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis Siswa, Matematika, Problem Posing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI PUTU DILA MAHESTA PUTRI |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:08 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1817 |
Actions (login required)
View Item |