ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU SESUAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 8 DENPASAR

Indrani, Anak Agung Sagung Shinta Dewi (2023) ANALISIS PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU SESUAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 8 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071018-COVER.pdf

Download (290kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071018-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071018-LAMPIRAN.pdf

Download (824kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPA sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang dibuat oleh guru IPA kelas VII SMP Negeri 8 Denpasar tahun ajaran 2022/2023 dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat proses penyusunan dokumen perencanaan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, serta dua orang guru IPA kelas VII. Data perencanaan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi, sedangkan data faktor penghambat dan faktor pendukung dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji melalui uji kredibilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 8 Denpasar telah sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut ditunjukkan dengan guru telah melakukan semua tahapan-tahapan dalam perencanaan Kurikulum Merdeka mulai dari menganalisis Capaian Pembelajaran, Merumuskan Tujuan Pembelajaran, Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran sampai pada tahapan akhir yaitu menyusun Modul Ajar yang berfungsi sebagai pedoman yang sistematis dan terstruktur dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran; (2) faktor pendukung perencanaan pembelajaran diantaranya, kesiapan yang baik dari semua warga sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar, dukungan dari pemangku kebijakan di sekolah dalam bentuk pelatihan, workshop, In House Training (IHT), dan pendampingan kepada guru, semangat dan inisiatif dari guru yang sangat baik untuk terus belajar dan berkembang sehingga dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dimulai dari perencanaan pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai juga turut mengambil andil sebagai pendukung terlaksananya implementasi Kurikulum Medeka; dan (3) faktor penghambat perencanaan pembelajaran, yaitu guru masih memiliki keragu-raguan akan benar dan salahnya perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sebab dalam Kurikulum Merdeka perencanaan pembelajaran memiliki berbagai macam variasi bentuk dan isi, kurangnya pemahaman guru mengenai Kurikulum Merdeka, waktu yang terbatas dalam menyusun perangkat ajar, dan guru tidak memanfaatkan platform merdeka mengajar (PMM) untuk menyusun perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembelajaran, IPA, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Anak Agung Sagung Shinta Dewi Indrani
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:20
Last Modified: 27 Oct 2023 04:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item View Item