The Effect of Extensive Viewing on EFL Students’ Listening Comprehension and Language Attitude towards Subtitled English Movies

Paramahita, Ketut Bayu Catur (2024) The Effect of Extensive Viewing on EFL Students’ Listening Comprehension and Language Attitude towards Subtitled English Movies. Masters thesis, Universtias Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081054-COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081054-ABSTRACT.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2129081054-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081054-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ketut Bayu Catur Paramahita (2023), The Effect of Extensive Viewing on EFL Students’ Listening Comprehension and Language Attitude towards Subtitled English Movies. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diuji oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I G A Lokita Purnamika Utami, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Made Hery Santosa, M.Pd., Ph.D. Kata kunci: extensive viewing, language attitude, listening comprehension Penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki efek dari penggunaan Extensive Viewing melalui medium film terhadap perkembangan listening comprehension dan language attitude murid EFL terhadap bahasa yang dipakai takarir dalam sebuah film berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran dan pendekatan Explanatory-Sequential. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan Jurnal Pembelajaran, tes HOTS, dan wawancara semi-terstruktur. Analisis data dilaksanakan menggunakan Teknik Analisis Deskriptif, Tes Kruskal-Wallis menggunakan SPSS, Pengkodean, dan teknik Follow the Thread. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan diantara semua variabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Extensive Viewing tidak memiliki efek yang menonjol terhadap perkembangan Listening Comprehension murid. Murid-murid juga menunjukan pandangan yang positif terhadap penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia di takarir film berbahasa inggris, dimana mayoritas menunjukan preferensi terhadap bahasa Indonesia. Temuan lain dari penelitian ini adalah masalah dalam perkembangan ilmu mendengar para murid, yang meliputi aksen, kecepatan berbicara, dan kosa-kata, juga alasan pandangan murid terhadap bahasa Inggris yang meliputi prestise, akademik, sosial, dan karir. Terakhir, Peneliti ingin menyarankan implementasi film dalam pembelajaran bahasa Inggris, dikarenakan hasil penelitian yang juga menyiratkan adanya dampak positif terhadap perkembangan berbahasa Inggris secara umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: extensive viewing, language attitude, listening comprehension
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ketut Bayu Catur Paramahita
Date Deposited: 10 Feb 2024 02:01
Last Modified: 10 Feb 2024 02:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item