Gayatri, Ni Ketut Puji (2024) Pengembangan Alat Peraga Materi Pembelajaran Fungsi, Himpunan dan Sistem Bilangan untuk Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII Tingkat SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051018-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051018-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1915051018-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051018-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051018-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) menghasilkan Alat Peraga Materi Pembelajaran Fungsi, Himpunan dan Sistem Bilangan Untuk Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII Tingkat SMP, (2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap pemahaman konsep materi pembelajaran Fungsi, Himpunan dan Sistem Bilangan Untuk Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII Tingkat SMP dengan berbantuan alat peraga. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan tersusun lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek 4 orang ahli, 2 guru dan 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Seririt. Objek penelitian ini yaitu Alat Peraga Materi Pembelajaran Fungsi, Himpunan dan Sistem Bilangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrument angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) alat peraga materi pembelajaran fungsi, himpunan dan sistem bilangan memperoleh rata-rata skor ahli media dan ahli materi sebesar 1,00 dengan kualifikasi validitas yang sangat tinggi dan kriteria sangat valid; (2) memperoleh rata-rata respon dari guru sebesar 52,5 dengan kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis; (3) memperoleh rata-rata respon dari peserta didik sebesar 47,03 dengan kategori sangat positif dan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa guru dan peserta didik sangat antusias ketika belajar menggunakan alat peraga Kata Kunci: pengembangan, ADDIE, alat peraga, informatika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, ADDIE, alat peraga, informatika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Puji Gayatri |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 22:13 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 22:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18471 |
Actions (login required)
View Item |