Juniantari, Ni Kadek Dwi (2024) Pengembangan Alat Peraga Materi Pembelajaran Algoritma Dan Struktur Data Untuk Mata Pelajaran Informatika SMP Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051086-COVER.pdf Download (585kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051086-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051086-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051086-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051086-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051086-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051086-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051086-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051086-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Mata pelajaran Informatika merupakan rumpun ilmu yang kembali hadir pada kurikulum merdeka, informatika semakin penting diajarkan di tengah revolusi industry 4.0 dan Masyarakat 5.0, yang mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami dan menggunakan teknologi menjadi suatu keahlian yang tak terhindarkan. Dalam mata pelajaran informatika peserta didik dituntut mampu mengidentifikasi masalah dalam kehidupan sehari – hari dan memecahkan permasalahan dengan kaidah ilmu informatika yaitu berpikir komputasional, namun proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Sukasada dan SMP Negeri 3 Singaraja masih hanya menggunakan media berupa buku paket serta metode konvensional saja sehingga siswa masih merasa kesulitan memahami konsep materi algoritma dan struktur data serta guru juga mengalami kesulitan untuk menjelaskan konsep abstrak dari materi algoritma dan struktur data. Maka dari itu peneliti mengembangkan alat peraga untuk membantu peserta didik memahami konsep materi serta dapat membantu guru menjelaskan konsep abstrak dari materi menjadi lebih mudah dan menarik. Metode perancangan penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE, terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian terdiri dari 1) uji ahli media dan uji ahli isi memperoleh rata – rata skor 1,00 dengan tingkat kevalidan “Sangat Tinggi” dan kriteria “Sangat Valid”, 2) memperoleh rata – rata skor 47,5 dari respon guru serta memperoleh rata – rata skor 38,51 dari respon peserta didik tergolong kategori “Sangat Positif” dan kriteria “Sangat Praktis”. Kata Kunci : Informatika, Kurikulum Merdeka, Berpikir Komputasional, Alat Peraga, ADDIE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Informatika, Kurikulum Merdeka, Berpikir Komputasional, Alat Peraga, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dwi Juniantari |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 22:14 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 22:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18472 |
Actions (login required)
View Item |