ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Sartika, Sayuningsi A.E. (2024) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123011007-COVER.pdf

Download (273kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123011007-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011007- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123011007-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis- jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman dan penyebabnya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data langsung dari subjek yang diteliti menggunakan pedoman soal cerita bangun ruang sisi datar. Subjek yang yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VI SD Bintang Timur berjumlah 16 siswa. Kemudian, dipilih 5 siswa yang akan diwawancara untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa soal cerita dan wawancara. wawancara untuk mendeskripsi faktor-faktor penyebab kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 5 jenis kesalahan siswa: 1) Kesalahan membaca dan mengetahui arti simbol dan kata kunci pada soal (Reading), yang dilihat dari indikator kesalahan yaitu siswa tidak dapat membaca kata kunci pada soal. Kesalahan ini dilakukan oleh 2 siswa. Jumlah seluruh kesalahan yang dilakukan pada tahap ini adalah 6 keslahn dengan persentase sebesar 7,5% 2) Kesalahan memahami isi soal (comprehension), sebagian besar siswa tidak menulis hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal, salah menulis hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal.Terdapat 6 siswa yang mengalami kesalahan pada indikator tersebut. Jumlah seluruh kesalahan pad tahap ini adalah 18 kesalahan dengan persentase sebesar 21%. 3) kesalahan transformasi soal (transformation) dimana siswa tidak menuis rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal cerita. Banyak siswa yang tidak menulis rumus yang harus digunakan. Terdapat 9 siswa yang mengalami kesalahan pada indikator tersebut. Keseluruhan kesalahan yang dilakukan pada tahap ini berjumlah 43 kesalahan dengan persentase sebesar 50%. 4) kesalahan proses (process skill) rata-rata pada proses skill, siswa kesulitan dalam menggunakan operasi hitung matematika untuk menyelesaikan soal. Terdapat 10 siswa yang mengalami kesalahan pada indikator tersebut. Sebanyak 57 kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap ini. 5) kesalahan menentukan jawaban akhir (endcoding) meliputi tidak menulis jawaban akhir dengan benar, tidak menyimpulkan jawaban akhir. Pada tahap endcoding benyak terjadi kesalahan pada indikator siswa tidak menulis jawaban akhir dengn jumlah 13 siswa yang mengalami kesalahan pada indikator tersebut. Terdapat 70 kesalahan pada tahap encoding dengan proporsi sebesar 82%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dimana siswa terburu-buru menyelesaikan soal, minat belajar siswa yang kurang, kemampuan literasi siswa masih rendah,dan kebiasaan siswa yang tidak menulis kesimpulan jawaban akhir. Faktor eksternal kesalahan siswa adalah 1) kurangnya bimbingan orang tua saat proses belajar di rumah, 2) kurangnya kegiatan literasi yang diadakan di sekolah, 3) kelalaian guru yang membiarkan siswa tidak menulis jawaban akhir. 4) waktu yang tidak cukup bagi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang membuat siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal cerita. Kata Kunci : Analisis kesalahan prosedur Newman, Soal cerita, Bangun Ruang Sisi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan prosedur Newman, Soal cerita, Bangun Ruang Sisi Datar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Sayuningsi A E Sartika
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:52
Last Modified: 20 Feb 2024 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item