PENGEMBANGAN MEDIA NUMBER LIGHT UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA

Mustofa, Muhammad Zaenal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA NUMBER LIGHT UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061011-COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061011-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061011-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan pokok pada penelitian yang dilakukan yaitu (1) mengembangkan sebuah media Number Light dengan bertujuan untuk menstimulasi pengetahuan anak terhadap matematika awal pada dengan kisaran usia 5-6 tahun di TK Pembina Singaraja, (2) Media Number Light sudah memiliki nilai validitas yang baik sehingga upaya dalam meningkatkan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Singaraja berjalan dengan harapan hasil yang baik, dan (3) melakukan evaluasi terkait kemudahan dalam penggunaan sebuah media Number Light baik guru maupun peserta didik dalam meningkatkan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Singaraja. Penelitian yang dilakukan ini melakukan pemilihan model pengembangan yaitu ADDIE dan melibatkan empat ahli diantara: satu ahli media, satu ahli materi, serta dua praktisi dengan pengalaman belajar. Uji coba dilakukan pada kelompok besar yang terdiri dari 35 anak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan pendekatan gabungan antara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat validitas yang tinggi dari media Number Light, dengan ahli media mencapai 92%, ahli materi 89%, praktisi 93%, dan uji kelompok besar 97%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pengembangan media Number Light sangat bermanfaat dan sesuai untuk merangsang kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media number light, menstimulasi kemampuan matematika awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muhammad Zaenal Mustofa
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:24
Last Modified: 12 Feb 2024 02:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18540

Actions (login required)

View Item View Item