PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SDN 2 SINGAPADU, GIANYAR

Putri, Ni Nyoman Yati Cana (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SDN 2 SINGAPADU, GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031023-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031023-ABSTRAK.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (613kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031023-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPAS materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi kelas IV SDN 2 Singapadu, Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis, (b) perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, dan (e) evaluasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Hasil rancang bangun E-Book interaktif berbentuk buku elektronik dengan penyajian interaktif dapat diakses secara fleksibel dengan memperoleh penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,% (sangat baik). (2) Hasil uji kelayakan yang menunjukan E-Book interaktif layak adalah berdasarkan : (a) hasil uji ahli isi sebesar 93,33% (sangat baik), (b) hasil uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), (c) hasil uji ahli media pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan sebesar 97,50% (sangat baik) dan (e) uji coba kelompok kecil sebesar 93,05% (sangat baik). (3) Hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh nilai thitung > ttabel (40,413 > 2,042) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-Book interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran IPAS materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi Kelas IV SDN 2 Singapadu, Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-Book Interaktif, Model Problem Based Learning, Muatan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Yati Cana Putri
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:41
Last Modified: 12 Feb 2024 06:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18541

Actions (login required)

View Item View Item