PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN TANAMAN LANGKA ENDEMIK INDONESIA BAGIAN BARAT

Alfiansyah, Alfiansyah (2024) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN TANAMAN LANGKA ENDEMIK INDONESIA BAGIAN BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051023-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051023-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2015051023-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051023-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan Augmented Reality Pengenalan Tanaman Langka Endemik Indonesia Bagian Barat merupakan media yang untuk memberikan informasi tentang tanaman langka endemik, khususnya bagian barat Indonesia yang dikonservasi pada tempat wisata Tukad Bantaran Ayung. Media informasi yang digunakan untuk pengenalan tanaman langka pada Tukad Bantaran Ayung masih kurang efektif, sehingga diperlukan sebuah media informasi digital yang lebih efektif, interaktif dan menarik. Dalam penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun serta respon pengguna terhadap media informasi untuk pengenalan tanaman langka endemik Indonesia bagian barat dengan menerapkan Augmented Reality. Metode Penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari tahap consept (tahap pengonsepan), design (tahap perancangan), material collecting (tahap pengumpulan bahan), assembly (tahap pembuatan), testing (tahap pengujian), dan distribution (tahap distribusi). Proses pengumpulan data diawali dengan penyebaran kuisioner mengenai pengetahuan Augmented Reality dan Tanaman Langka Endemik Indonesia. Pada tahapan testing dilakukan Uji Blackbox serta pengujian lainnya dan mendapatkan nilai Uji Ahli Isi 1.00 yang dikategorikan “Sangat Baik”, Uji Ahli Media 1.00 yang dikategorikan “Sangat Baik”, dan Uji Respon Pengguna mendapatkan respon 94,83% Sangat Positif dan 5,17% positif. Dengan demikian, secara keseluruhan diperoleh hasil bawah pengembangan Augmented Reality sebagai media informasi mendapatkan respon sangat baik oleh responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tanaman Langka, Tanaman Endemik, MDLC.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Alfiansyah
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:04
Last Modified: 12 Feb 2024 07:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18549

Actions (login required)

View Item View Item