Dewinta, Ni Putu Julia Sri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Atletik Nomor Lari Estafet Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sawan Tahun Akademik 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011024-COVER.pdf Download (745kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011024-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1916011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011024-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial materi atletik nomor lari estafet. Model ADDIE ini terdiri atas 5 tahapan yaitu, (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan ahli isi/materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dah ahli praktisi lapangan. Selanjutnya, produk pengembangan melalui uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 94,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 94,5% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 92% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli praktisis lapangan mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan hasil 94%, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase 94,4% dengan kualifikasi sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa media permbelajaran berbasis video tutorial materi atletik nomor lari estafet dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran PJOK materi atletik nomor lari estafet untuk peserta didik kelas x di SMA Negeri 1 Sawan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lari estafet, Video tutorial, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Julia Sri Dewinta |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 07:10 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18575 |
Actions (login required)
View Item |