PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ITB STIKOM BALI PADA MATERI FUNGSI

Pramartha, I Nyoman Bagus (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA ITB STIKOM BALI PADA MATERI FUNGSI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011020-ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (540kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011020-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dalam penelitian sebelumnya serta hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman konsep dan berpikir kritis mahasiswa pada materi fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul berbasis RME yang berkualitas valid, praktis, efektif serta memiliki karakteristik pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis mahasiswa ITB Stikom Bali pada materi fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-modul pembelajaran yang menggunakan model Plomp dengan 3 tahapan, yaitu: preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Sistem Informasi ITB Stikom Bali dengan total jumlah 90 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini berupa e-modul berbasis RME dengan karakteristik: (1) terdapat instruksi yang membantu belajar secara mandiri terhadap masalah kontekstual; (2) memiliki karakteristik RME (model of dan model for) untuk kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep; (3) tidak tergantung pada bahan ajar lain karena memiliki sajian materi saling terkoneksi; (4) interaktif dengan mengadaptasi perkembangan IPTEK yang dapat diakses dari android dan iOS; dan (5) dapat melakukan evaluasi secara mandiri pada soal kuis dan soal tes formatif. Selain itu, terdapat pula langkah-langkah pembelajaran e-modul berbasis RME terdiri atas 5 tahapan pembelajaran, yaitu: (1) dosen menjelaskan komponen-komponen yang termuat dalam e-modul secara garis besar, penyampaian apersepsi serta penjelasan materi fungsi pada e-modul dengan menggunakan masalah kontekstual dalam bentuk gambar dan video animasi; (2) mengarahkan mahasiswa melakukan matematisasi harizontal (berpikir kritis) sebelum ke penyelesaian matematika vertikal (penggunaan konsep matematis); (3) mahasiswa diajak untuk mengerjakan masalah kontekstual secara mandiri dengan kelompoknya menggunakan pengetahuan awal yang dimiliki; (4) mahasiswa melakukan diskusi masalah kontekstual dibantu dengan menggunakan kolom “HELP” yang terhubung ke GeoGebra; dan (5) mahasiswa dibantu dosen menciptakan kesimpulan pasti berdasarkan hasil evaluasi kemudian mencoba menjawab soal kuis interaktif dengan Google Form. Dengan karakteristik dan langkah-langkah pembelajaran pada e-modul yang telah dikembangkan, penerapan pembelajaran dengan model RME pada materi fungsi akan mengarahkan mahasiswa untuk mencapai kompetensi pemahaman konsep dan berpikir kritis. Dengan demikian, kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis mahasiswa Prodi Sistem Informasi ITB Stikom Bali menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education, kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Nyoman Bagus Pramartha
Date Deposited: 15 Feb 2024 05:42
Last Modified: 15 Feb 2024 05:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item View Item