Pengaruh Model Team Game Tournament Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2023/2024

Nariswari, Anak Agung Sagung Ratu (2024) Pengaruh Model Team Game Tournament Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031179-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031179-ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031179-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031179-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031179-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 588 siswa yang terdiri dari 19 kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 9 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang dan siswa kelas V SD Negeri 2 Padangsambian sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 56,67 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 50,30 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 81,00 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 65,40 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 3,023 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 61 adalah 1,99962. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung > dari t-tabel (3,032 > 1,99962) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPA antara pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media crossword puzzle dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Team Game Tournament berbantuan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Team Game Tournament, Crossword Puzzle, Hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG SAGUNG RATU NARISWARI
Date Deposited: 14 Feb 2024 12:55
Last Modified: 14 Feb 2024 12:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18599

Actions (login required)

View Item View Item