PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN SEJARAH PAHLAWAN MONUMEN PERJUANGAN TRI YUDHA SAKTI

Sunitra, I Gede Ngurah (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN SEJARAH PAHLAWAN MONUMEN PERJUANGAN TRI YUDHA SAKTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051028-COVER.pdf

Download (464kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051028-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051028-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan minat, kesadaran dan pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda akan pentingnya melestarikan sejarah dalam hal ini sejarah pahlawan yang terdapat pada Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pengenalan sejarah tokoh pahlawan yang terdapat pada Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti menggunakan teknologi augmented reality. Dalam aplikasi tersebut menampilkan objek 3 dimensi yang dapat memvisualisasikan peristiwa bersejarah dari ketiga tokoh pahlawan Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti dan akan ditampilkan dalam bentuk augmented reality yang disertai dengan penjelasan berupa teks deskripsi dan narasi berupa audio. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Beberapa tahapan pengujian telah dilakukan guna menjamin kualitas dari aplikasi augmented reality pengenalan sejarah pahlawan pada Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti. Beberapa pengujian tersebut diantaranya uji ahli isi dan uji ahli media yang memperoleh hasil persentase kelayakan 100% serta uji respon pengguna yang dilakukan kepada 37 orang responden masyarakat umum atau pengunjung Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti yang memperoleh hasil persentase sebesar 97.30% dengan kualifikasi sangat positif dan kriteria sangat baik. Dengan perolehan hasil yang positif tersebut, pengembangan aplikasi augmented reality Tri Yudha Sakti ini telah dapat meningkatkan minat dan kesadaran serta pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda terhadap sejarah para tokoh pahlawan pada Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti, Sejarah Pahlawan, MDLC.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gede Ngurah Sunitra
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:01
Last Modified: 15 Feb 2024 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item