PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D PETA BUTA BUDAYA INDONESIA BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPAS KELAS IV SD

Sukiana, I Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D PETA BUTA BUDAYA INDONESIA BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031024-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031024-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 3D peta buta budaya Indonesia berbasis qr code untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPAS kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dan tes uraian. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPAS SD. Data dari kepraktisan media bersumber pada praktisi (guru) kelas IV SD dan 10 orang siswa kelas IV SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest posttest pada jumlah sampel sebanyak 28 orang siswa kelas IV SD. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian media pembelajaran 3D peta buta budaya Indonesia berbasis qr code untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media pembelajaran IPAS; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan siswa; (3) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran 3D peta buta budaya Indonesia berbasis qr code pada pembelajaran IPAS kelas IV SD yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelajaran, qr code, kemampuan berpikir kritis, IPAS, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Sukiana
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:35
Last Modified: 15 Feb 2024 08:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item