Pengembangan E-Modul Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran KoGOPEQ pada Materi Pecahan Kelas IV untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik

Widnyana, I Komang (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Berorientasi Model Pembelajaran KoGOPEQ pada Materi Pecahan Kelas IV untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011022-COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011022-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011022-LAMPIRAN.pdf

Download (897kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik interaktif berorientasi model pembelajaran KoGOPEQ (Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik berorientasi Emotional Quotient) pada materi pecahan kelas 4 SD untuk meningkatkan karakter baik peserta didik. Selama proses pengembangannya, menerapkan model pengembangan 4D dengan perangkat lunak utamanya ialah iSpring Suite. Karakteristik dari produk e-modul ini yakni laman “Ayo Berkarakter” berupa gambar ilustrasi dan kuis interaktif guna mengembangkan karakter disiplin serta tanggung jawab serta laman “Ayo Berpikir dan Bersikap Positif” berupa konten roleplay dan kuis interaktif guna mengembangkan pemahaman siswa untuk senantiasa memberikan respon positif pada tiap kondisi berbeda. Kevalidan materi dan media diuji dengan menggunakan instrumen LORI, kepraktisan modul diuji dengan menggunakan instrumen angket UEQ, dan keefektifan modul diuji dengan memanfaatkan lembar observasi karakter peserta didik. Uji pakar kevalidan materi dan media berturut-turut menghasilkan rata-rata nilai sebesar 4,781 dan 4,625 dengan kategori sangat baik. Kemudian, uji kepraktisan dari respon pendidik dan peserta didik sama-sama diperoleh bahwa modul telah praktis dengan memenuhi kategori yang ditargetkan, yakni good. Terakhir, sesuai dengan kriteria keefektifan diperoleh adanya perkembangan karakter disiplin dari 47,32% dan 48,21% dengan kriteria cukup menjadi sebesar 75,00% dan 79,46% dengan kriteria kuat. Tak berbeda jauh dengan itu, terdapat pula perkembangan karakter tanggung jawab dari yang sebelumnya sebesar 42,86% dan 46,43% dengan kriteria cukup menjadi sebesar 75,89% dan 76,79% dengan kriteria kuat. Kelemahan produk yang telah dikembangkan adalah produk yang telah dikembangkan masih perlu diuji coba dalam lingkup yang lebih luas agar produk dinyatakan telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, interaktif, KoGOPEQ, karakter peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Komang Widnyana
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:36
Last Modified: 16 Feb 2024 06:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item