Mahardika, Ni Luh Putu Divya Jyoti (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UPAKARA BALI PADA MATERI GEOMETRI KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031047_COVER.docx.pdf Download (604kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031047_ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031047_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031047_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031047_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031047_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031047_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031047_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031047_LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika upakara Bali pada materi geometri kelas II sekolah dasar. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media yang masing-masing berjumlah dua orang, satu orang guru kelas II SDN 2 Sukasada, 6 orang peserta didik kelas II SDN 2 Sukasada pada uji coba perorangan dan 10 orang peserta didik kelas II SDN 2 Sukasada pada uji coba keloimpok kecil. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena memiliki tahapan yang sistematis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk e-modul interaktif, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan e-modul interaktif berbasis etnomatematika upakara Bali pada Materi Geometri Kelas II Sekolah Dasar, yang meliputi tahapan analisis, desain dan pengembangan; (b) hasil uji validitas yang meliputi: (1) hasil uji validitas ahli materi memeroleh persentase 97% dengan kualifikasi sangat baik; dan (2) hasil uji validitas ahli media yang memeroleh persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik; (c) respon guru dan peserta didik yang meliputi: (1) penilaian respon guru dengan persentase 98% dengan kualifikasi sangat baik; (2) uji coba perorangan dengan persentase 99% dengan kualifikasi sangat baik; (3) uji coba kelompok kecil dengan persentase 98% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis etnomatematika upakara Bali pada materi geometri kelas II sekolah dasar layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etnomatematika, Upakara, Geometri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Divya Jyoti Mahardika |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 00:56 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18692 |
Actions (login required)
View Item |