INVESTIGATION OF 10th GRADE STUDENTS PERCEPTION IN THE USE OF VIRTUAL REALITY AS LEARNING MEDIA AT SMA N 4 SINGARAJA

Putra, Putu Wahyu Ary Andriana (2020) INVESTIGATION OF 10th GRADE STUDENTS PERCEPTION IN THE USE OF VIRTUAL REALITY AS LEARNING MEDIA AT SMA N 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412021178-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412021178-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021178-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021178-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021178-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021178-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021178-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021178-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412021178-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa dan juga guru terhadap penggunaan Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran di SMA N 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan Mixed Method dengan Explanatory Sequential Design. Terdapat 35 siswa bahasa Inggris dari kelas X pada semester kedua serta 2 guru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas X, mereka semua dipakai sebagai sampel pada penelitian ini. Data diperoleh melalui dua instrumen instrumen pertama didapat dari kuesioner lalu diikuti dengan wawancara. Berdasarkan hasil dari validitas dan reliabilitas kusioner, terdapat 6 dimensi yang digunakan untuk mengembangkan pernyataan dalam kuesioner, serta 3 dimensi yang dikembangkan dari temuan pada kuesioner untuk membuat Interview Guide. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa bahasa Inggris terhadap virtual reality sebagai media pembelajaran menunjukkan hasil yaitu Positive secara umum, serta persepsi guru terhadap penggunaan virtual reality sebagai media pembelajaran secara umum menunjukkan hasil yaitu Very Positive. Dilain hal, beberapa tantangan juga muncul selama penelitian berlangsung, sebagian dari tantangan tersebut diperoleh dari siswa yang masih agak kesulitan mengoperasikan perangkat virtual reality. Kemudian, tantangan lain juga datang dari guru ketika mereka memilih bahan ajar untuk dikombinasikan dengan viritual reality. Juga, virtual reality memakan waktu lebih selama persiapan ketika akan diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Persepsi, Siswa, Virtual Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Wahyu Ary Andriana Putra
Date Deposited: 20 Jul 2020 00:41
Last Modified: 20 Jul 2020 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item