PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBANTUAN QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Agustini, Ni Putu Siska Yulia (2024) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBANTUAN QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031198-COVER.pdf

Download (307kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031198-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031198-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031198-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031198-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031198-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031198-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031198-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031198-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang diterapkan di Sekolah Dasar belum menumbuhkan literasi sains Siswa. Selain itu, pembelajaran kurang interaktif dan menarik karena jarang melaksanakan kegiatan praktikum karena guru lebih banyak memberikan teori serta tidak adanya petunjuk praktikum khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code untuk SD pada materi perubahan zat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu 4 orang ahli materi dan orang ahli media untuk menilai validitas. Untuk menilai uji kepraktisan digunakan 25 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu observasi kualitatif dan observasi kuantiatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang diperoleh dai review uji ahli berupa masukan dan saran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh berdasarkan instrument validasi yang berupa skor penilaian. Hasil uji validitas menunjukan rata-rata skor ahli materi 0,95 dan ahli media 0,92 dengan kualifikasi validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan sebesar 98,2% dengan kriteria sangat baik. Hasil uji efektivitasnya menunjukan nilai signifkansi (2-tailed) adalah sebesr 0,000. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05 yang artinya penggunaan petunjuk praktikum berbantuan QR-Code efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Disimpulkan petunjuk praktikum berbasis QR-Code yang dikembangkan sangat valid dan praktis dikembangkan dan efektiv dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Petunjuk Praktikum, QR-Code, dan Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU SISKA YULIA AGUSTINI
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:25
Last Modified: 16 Feb 2024 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18712

Actions (login required)

View Item View Item