Arini, Ni Kadek Merna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031180_COVER.pdf Download (723kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031180_ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011031180_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011031180_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011031180_BAB III METODLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031180_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031180_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031180_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031180_LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya jiwa kewirausahaan peserta didik di sekolah dasar, dan pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship (2) menganalisis validitas isi media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship, (3) menganalisis respon siswa terhadap media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship, dan (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship terhadap jiwa kewirausahaan siswa sekolah dasar. Studi pengembangan ini mempergunakan model 4D, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Studi ini mengambil subjek media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Hasil menunjukan: (1) penelitian pengembangan ini telah berhasil menghasilkan media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sekolah dasar; (2) indeks validasi media adalah sebesar 0,9167 dengan kualifikasi validitas tinggi dan analisis kelayakan ahli materi memperoleh indeks validitas sebesar 0,8854 dengan kualifikasi validas tinggi; (3) tingkat pencapaian respon siswa adalah sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran komik digital berbasis entrepreneurship efektif untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Entrepreneurship, Jiwa Kewirausahaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Merna Arini |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:30 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18720 |
Actions (login required)
View Item |