Febrianti, Ni Luh Putu Sinta (2024) Pengembangan E-modul Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123011005-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123011005-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123011005-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif materi bangun ruang sisi datar berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Subjek dari penelitian yaitu subjek uji coba terbatas terdiri dari 10 orang siswa kelas VIII A dan dua guru matematika, serta subjek uji coba lapangan terdiri dari 30 orang siswa kelas VIII SMP Harapan Mulia Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi, angket kepraktisan dan tes berpikir kritis. Validitas e-modul interaktif yang dikembangkan di evaluasi oleh dua orang ahli dengan rata-rata hasil 3,25 memenuhi kriteria valid. Kepraktisan e-modul interaktif yang dikembangkan diperoleh dari hasil uji coba terbatas dengan nilai angket pengamatan keterlaksanaan 2,99 dengan kriteria baik; angket respon guru 3,38 dengan kriteria sangat praktis; dan angket respon siswa 3,17 dengan kriteria praktis. Sedangkan hasil uji coba lapangan yang diperoleh yaitu angket pengamatan keterlaksanaan 3,09 dengan kriteria baik; angket respon guru 3,75 dengan kriteria sangat praktis; angket respon siswa 3,32 dengan kriteria praktis. Efektivitas diperoleh menggunakan tes pretest dan posttest dengan hasil berturut-turut yaitu 54% dengan kategori cukup kritis dan 83% dengan kategori sangat kritis. Hasil n-gain diperoleh rata-rata 0,64 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil persentasi efektifitas diperoleh skor 64% dengan kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis problem-based learning yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Karakteristik e-modul interaktif yang dikembangkan yaitu, (1) e-modul disajikan dengan media interaktif seperti video, kuis, latihan interaktif dan geogebra, (2) terdapat hyperlink menuju halaman tertentu, (3) memuat latihan soal pilihan ganda dan mencocokkan yang dapat memberikan respon, dan (4) memuat permasalahan dan aktivitas yang memungkinkan siswa melatih kemampuan berpikir kritis, (5) kegiatan dalam e-modul disusun berdasarkan sintaks problem-based learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul interaktif, problem based-learning, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Sinta Febrianti |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:41 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18762 |
Actions (login required)
View Item |