PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 BULELENG

Lestari, Ni Putu Ayu Diah (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 2 BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1614041004 - COVER.pdf

Download (310kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614041004 - ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614041004 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614041004 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614041004 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614041004 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1614041004 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614041004 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614041004 - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa tunagrahita kelas X di SLB Negeri 2 Buleleng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan kegiatan persiapan dari membuat RPP, mempersiapkan materi pembelajaran dan mempersiapkan media pembelajaran. Selanjutnya kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap. Pertama pembukaan dilakukan guru dengan memberi salam kepada peserta didik, melakukan doa bersama, menanyakan kehadiran peserta didik, menyanyikan lagu wajib dan apersepsi. Pada tahap kedua yaitu inti pembelajaran dilakukan secara klasikal mengikuti kemampuan dan kebutuhan siswa tunagrahita menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Pada tahap ketiga yaitu penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran, memberikan pekejaan rumah, dan menutup pembelajaran dengan doa dan mengucapkan salam. 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PPKn di SLB Negeri 2 Buleleng adalah metode ceramah, menyanyi, demonstrasi, penugasan dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, PPKn, Tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Diah Lestari
Date Deposited: 21 Jul 2020 06:21
Last Modified: 21 Jul 2020 06:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item