PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SELEMADEG

Dewi, Ni Made Cintya (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SELEMADEG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011065-COVER.pdf

Download (364kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011065-ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011065-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada kegiatan belajar matematika, penting untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Model yang bisa dipergunakan pada upaya menambah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ialah model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Sebagai upaya untuk memaksimalkan penerapannya, model pembelajaran AIR ini dikolaborasikan dengan masalah matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan guna melihat apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menempuh kegiatan belajar dengan mempergunakan model AIR berorientasi masalah matematika realistik lebih baik dibandingan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menempuh kegiatan belajar dengan mempergunakan model konvensional. Metode quasi experiment dengan post test only control group design digunakan pada penelitian ini. Sebanyak 184 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selemadeg merupakan populasi dengan sampel yang diambil ialah 32 siswa dari kelas VIIIB selaku kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIIC selaku kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan penerapan model pembelajaran AIR berorientasi masalah matematika realistik, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu model ekspositori. Dalam mengumpulkan data, digunakan teknik tes dengan jenis soal tipe uraian. Uji Hipotesis menggunakan perhitungan uji independent samples t-test dengan α = 0.05. Berlandaskan pada hasil analisis penelitian didapatkan t_hitung = 8,516 > t_tabel = 1,670, serta perolehan rerata skor post test pada kelas eksperimen ialah 76,17 dan rerata skor post test pada kelas kontrol yaitu 51,66. Hasil ini bermakna bahwasanya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menempuh kegiatan belajar dengan mempergunakan model AIR berorientasi masalah matematika realistik lebih baik dibanding dengan kegiatan belajar konvensional. Berdasarkan hal tersebut, model kegiatan belajar AIR berorientasi masalah matematika realistik memberikan pengaruh atau dampak yang positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 1 Selemadeg.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran AIR, Masalah Matematika Realistik, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Cintya Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:57
Last Modified: 19 Feb 2024 03:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item