Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng

Adiguna, Made Ryan Bakti (2024) Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115017004-COVER.pdf

Download (521kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115017004-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115017004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115017004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115017004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115017004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115017004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2110517004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115017004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kelompok Sadar Wisata Desa Sambangan. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan maksud untuk memperoleh gambaran secara mendalam terkait dengan Peran Pokdarwis dalam pengembangan pariwisata di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dengan kata lain, orang yang dijadikan informan tersebut yang sangat mengetahui tentang apa yang diharapkan dan memudahkan peneliti untuk menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini melibatkan Perbekel Desa Sambangan sebagai informan kunci. Sedangkan, Pengurus Pokdarwis Tunjung Mekar, Anggota Pokdarwis Tunjung Mekar dan masyarakat Desa Sambangan sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kelompok Sadar Wisata Tunjung Mekar Desa Sambangan sudah berjalan sebagai sebagai subyek atau pelaku pembangunan, sebagai penerima manfaat, penggerak terciptanya iklim lingkungan dan suasana yang kondusif dan mewujudkan Sapta Pesona dalam mengembangkan desa wisata Sambangan namun belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peran Pokdarwis Tunjung Mekar pada peran sebagai subjek atau pelaku pembangunan belum optimal. Pokdarwis Tunjung Mekar belum memiliki program pelatihan secara mandiri untuk peningkatan pengetahuan atau wawasan kepada anggota Pokdarwis dan Sambangan Adventure Team (SAT). Pada peran mewujudukan sapta pesona yaitu kenangan, Pokdarwis belum menjalankan unsur kenangan yaitu Pokdarwis belum memiliki souvenir khusus yang dapat diberikan kepada wisatawan. Hal ini disebabkan karena Desa Sambangan belum mempunyai budaya khusus yang dapat digunakan sebagai ciri khas dari Desa Sambangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pokdarwis, Peran, Pengembangan Pariwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Made Ryan Bakti Adiguna
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:51
Last Modified: 20 Feb 2024 00:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item