Pengembangan Buku Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika untuk Mendukung Pembelajaran Abad Ke-21

Putra, I Gusti Ngurah Dwija (2024) Pengembangan Buku Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika untuk Mendukung Pembelajaran Abad Ke-21. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223071005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071005-ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN)
2223071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku perubahan konseptual yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung pembelajaran abad ke-21. Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model Borg & Gall yang terbatas pada tujuah tahapan (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba teoretis, (5) revisi produk utama, (6) uji coba empiris, dan (7) finalisasi produk. Subjek penelitian ini adalah buku perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku perubahan konseptual yang disusun memiliki koefisien validitas isi sebesar 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Koefisien validitas bahasa sebesar 93,89% dengan kategori sangat valid dan koefisien validitas media sebesar 97,77% dengan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan buku perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika valid baik dari segi isi, bahasa, dan media. 2) Hasil penilaian kepraktisan buku oleh guru memiliki nilai kepraktisan sebesar 3,94 dan oleh peserta didik 3,44 dengan kategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa buku perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika memiliki tingkat kepraktisan sangat praktis. 3) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa 86,11% peserta didik memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dengan kategori minimal baik; 80,56% peserta didik memiliki keterampilan berkomunikasi tulis dengan kategori minimal baik; 86,11% peserta didik memiliki keterampilan berkolaborasi dengan kategori minimal baik, 88,89% peserta didik memiliki N-gain keterampilan berkomunikasi lisan dengan kategori minimal sedang, dan 86,11% peserta didik memiliki keterampilan berkolaborasi dengan kategori minimal baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Gusti Ngurah Dwija Putra
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:49
Last Modified: 19 Feb 2024 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item