PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS IX

Dharmawan, Kadek Krisna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS IX. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011040-COVER.pdf

Download (364kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011040-ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011040-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman interaktif yang memungkinkan siswa memahami konten secara visual dan praktis, meningkatkan keterlibatan dan retensi informasi. Untuk itu, penelitian sudah berhasil mengembangkan media pembelajaran materi transformasi geometri berbasis Augmented Reality (AR) dengan memanfaatkan aplikasi Assemblr Edu. Media ini menjadikan adanya variasi media pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, tetapi hanya sampai pada evaluasi formatif. Hasil penilaian dari para ahli media dan materi menyatakan kalau media yang telah dikembangkan layak untuk diujicobakan. Hasil dari uji kepraktisan oleh siswa didapatkan bahwa daya tarik sebesar 2,19 dengan kategori unggul, skor rata-rata dari aspek kejelasan sebesar 1,73 dengan kategori baik, skor rata-rata dari aspek Efisiensi sebesar 2,12 dengan kategori unggul, skor rata-rata dari aspek ketepatan sebesar 2,20 dengan kategori unggul, skor rata-rata dari aspek Stimulasi sebesar 2,23 dengan kategori unggul, dan skor rata-rata dari aspek kebaruan sebesar 2,30 dengan kategori unggul. Media AR diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan siswa dan memperluas akses terhadap pembelajaran yang inovatif bagi semua kalangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Assemblr Edu, Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Krisna Dharmawan
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:14
Last Modified: 19 Feb 2024 07:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item