A CORRELATIONAL STUDY BETWEEN STUDENTS' WRITING ATTITUDES, WRITING ANXIETY, AND THEIR WRITING PERFORMANCE IN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KARANGASEM BALI

Putra, I Komang Janu Prianda (2024) A CORRELATIONAL STUDY BETWEEN STUDENTS' WRITING ATTITUDES, WRITING ANXIETY, AND THEIR WRITING PERFORMANCE IN SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN KARANGASEM BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081036-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081036-ABSTRAK.pdf

Download (700kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081036-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan menulis sering kali dipandang sebagai keterampilan yang kompleks dan menantang bagi para pembelajar, terutama dalam konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) seperti di Indonesia. Studi ini mengatasi kesenjangan dalam literatur dengan menyelidiki korelasi antara sikap menulis, kecemasan, dan pencapaian menulis siswa di tingkat sekolah menengah atas. Tujuan khususnya termasuk memeriksa korelasi antara sikap menulis dan kinerja, kecemasan menulis dan kinerja, dan korelasi simultan antara sikap menulis, kecemasan menulis, dan kinerja. Studi korelasional dilakukan dengan 73 siswa kelas sebelas yang dipilih melalui cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diadaptasi dan tes menulis, dianalisis melalui analisis korelasi sederhana dan ganda. Temuan menunjukkan adanya korelasi positif sedang antara sikap menulis dan kinerja, dengan kontribusi sikap menulis sebesar 23,7% terhadap variasi dalam kinerja. Korelasi positif rendah antara kecemasan menulis dan kinerja juga ditemukan, dengan kontribusi kecemasan menulis hanya sebesar 11,1% terhadap variasi. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa dengan sikap yang lebih positif terhadap menulis dan tingkat kecemasan tertentu cenderung tampil lebih baik dalam tugas menulis. Hasil juga menunjukkan adanya korelasi simultan sedang antara sikap menulis, kecemasan, dan kinerja dengan kontribusi gabungan sebesar 27,2% terhadap kinerja menulis. Namun, penting untuk dicatat bahwa sisa 72,8% variasi dalam kinerja belum diteliti dalam studi ini, menunjukkan adanya variabel lain di luar sikap dan kecemasan menulis yang mungkin berkorelasi dengan kinerja menulis siswa. Studi ini berkontribusi pada pengetahuan yang ada dengan menggarisbawahi sifat multifaset kinerja menulis dan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang mungkin berkorelasi dengan kinerja menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Writing Skill, Writing attitude, Writing anxiety, Writing performance, English for a Foreign Language
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Komang Janu Prianda Putra
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:17
Last Modified: 20 Feb 2024 00:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18860

Actions (login required)

View Item View Item