PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA

Juliantara, Kadek Dwiki (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2223011006-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223011006-ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223011006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223011006-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menghasilkan suatu modul pembelajaran berbasis STEM berorientasi etnomatematika Bali yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain dengan prosedur penelitian Plomp, terdiri atas tiga fase pengembangan, yaitu fase preliminary research, fase prototyping, dan fase assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja dengan rincian kelas XI.E sebanyak 35 siswa pada uji coba terbatas, kelas XI.A sebanyak 35 orang siswa pada uji coba lapangan I dan kelas XI.B sebanyak 35 siswa pada uji coba lapangan II. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur validitas adalah lembar validasi modul pembelajaran, instrumen kepraktisan modul menggunakan lembar keterlaksanaan, angket respon siswa, dan angket respon guru sedangkan instrumen keefektifan adalah tes uraian dengan teknik pelaksanaan pre-test dan post-test. Data yang dikumpulkan dari instrumen penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis STEM berorientasi etnomatematika Bali yang berkualitas valid, praktis, dan efektif. Karakteristik modul pembelajaran yang dikembangkan adalah konten materi dan soal memuat konsep STEM dan etnomatematika Bali, khususnya kain endek Bali. Lintasan belajar transformasi geometri tingkat SMA ketika menggunakan modul ini terbagi menjadi tiga aktivitas: (1) Pemahaman terhadap konsep transformasi geometri menggunakan modul pembelajaran berbasis STEM berorientasi etnomatematika Bali, khususnya kain Bali, (2) Pemahaman terhadap konsep transformasi geometri dalam proses pembuatan motif endek Bali didukung GeoGebra, dan (3) Pemahaman mengenai rumus masing-masing bagian transformasi geometri dan penerapannya untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual. Aktivitas tersebut kemudian terbagi menjadi empat tahapan: tahap informal (real world situations), tahap model of, tahap model for (building stones), dan tahap formal knowledge. Dari kegiatan pembelajaran ini diperoleh terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dilihat dari post-test yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Lintasan Belajar, Modul Pembelajaran, STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Kadek Dwiki Juliantara
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:16
Last Modified: 19 Feb 2024 08:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18865

Actions (login required)

View Item View Item