DEVELOPING AUTHENTIC LEARNING HANDBOOK FOR ANIMALS OF NUSANTARA VIRTUAL REALITY APPLICATION FOR 7th GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Banjar, I Dewa Ayu Ogik Vira Juspita (2020) DEVELOPING AUTHENTIC LEARNING HANDBOOK FOR ANIMALS OF NUSANTARA VIRTUAL REALITY APPLICATION FOR 7th GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021022-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021022-BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021022-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021022-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021022-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021022-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021022-LAMPIRAN.pdf

Download (31MB)

Abstract

Pengamatan awal dilakukan untuk mengetahui pandangan guru dalam menggunakan aplikasi Animals of Nusantara di SMP N 3 Singaraja dan SMP Lab Undiksha sebagai sekolah Negeri dan Swasta di Bali Utara. Para guru menjelaskan bahwa mereka familiar dengan Virtual Reality dan ingin menggunakannya dalam pembelajaran. Terlepas dari keunggulanan aplikasi Animals of Nusantara, guru ternyata menghadapi empat kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menjadi sebuah dasar untuk mengembangkan sebuah buku pegangan berjudul Virtual Reality for English Learning untuk memenuhi kebutuhan guru terhadap informasi mengenai media yang autentik, tutorial dalam menggunakan aplikasi Animals of Nusantara, dan desain aktivitas pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini menggunakan Desain dan Pengembangan dengan mengikuti ADDIE model. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah interview guide, syllabus checklist, blueprint, dan expert judgments’ evaluation sheet, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pegangan yang dikembangkan telah memenuhi ekspektasi guru dan telah dinilai sebagai buku pegangan yang sangat baik untuk membantu guru dalam mengajar Bahasa Inggris. Dengan dikembangkannya buku pegangan ini, guru diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang autentik di kelas dengan menggunakan aplikasi Animals of Nusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Autentik, Buku Pegangan, Virtual Reality, Siswa Sekolah Menengah Pertama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Ogik Vira Juspita Banjar
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:08
Last Modified: 20 Jul 2020 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item