THE APPLICATION OF LINGUISTIC LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 5TH GRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 1 BANJAR JAWA

Widyawati, Ni Kadek Priska Ayu (2024) THE APPLICATION OF LINGUISTIC LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 5TH GRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021005-ASBTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIANTEORI)
2012021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021005-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan lanskap linguistik melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa di SD Negeri 1 Banjar Jawa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode campuran, dengan menggunakan desain pra-eksperimental berupa pre-test dan post-test dan desain kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah pre-test dan post-test, angket, dan wawancara. Tes dan angket diperiksa terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya, validitas meliputi validitas isi menggunakan rumus Gregory dan validitas konstruk menggunakan blueprint, kemudian reliabilitas menggunakan Cohen’s Kappa. Analisis statistik yang terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial nilai pre-test dan post-test siswa digunakan untuk mengukur pengaruh signifikan penerapan lanskap linguistik melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa, sedangkan untuk mengetahui persepsi guru mengenai penerapannya. , peneliti menggunakan kuesioner yang didukung dengan wawancara. Sampel penelitian adalah satu kelompok yang terdiri dari 38 siswa SD Negeri 1 Banjar Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa. Hasilnya menunjukkan sig. (2-tailed) adalah 0,000, dimana tingkat signifikan yang diamati (sig. 2-tailed) lebih rendah dari tingkat alpha standar (α=0,05). Untuk menguji effect size peneliti menggunakan Cohen’s d dan hasilnya menunjukkan nilai sebesar 4,72 lebih besar dari 1 yang berarti pengaruhnya kuat. Hasil angket dan wawancara yang diperoleh juga menunjukkan bahwa guru memberikan tanggapan positif dan mengatakan bahwa lanskap linguistik autentik bagi siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata siswa dari penerapan lanskap linguistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dan siswa sampel di SDN 1 Banjar Jawa yang diberi perlakuan menyukai penggunaan lanskap linguistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Oleh karena itu, penerapan lanskap linguistik melalui pembelajaran berbasis proyek sangat dianjurkan karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Lanskap Linguistik, Pembelajaran Berbasis Proyek, Penguasaan, Persepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Priska Ayu Widyawati
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:07
Last Modified: 20 Feb 2024 00:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item View Item