THE APPLICATION OF LINGUISTICS LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Maheswari, Anom Cynthia (2024) THE APPLICATION OF LINGUISTICS LANDSCAPE TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENTS’ WRITING SKILLS AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021039-COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021039-ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di era modern menuntut adanya keragaman teknik dan metode pembelajaran. Di abad ke-21, diperlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterampilan dasar, salah satunya adalah keterampilan menulis. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa sering mengalami kesulitan dalam menulis. Cara guru mengajar sangat penting untuk apa yang dipelajari siswa. Salah satu cara yang efektif adalah pembelajaran berbasis proyek dikerenakan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berfokus pada pengalaman nyata dan pengembangan keterampilan 6C. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi aplikasi teknik Linguistic Landscape (LL) melalui pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap keterampilan menulis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dalam desain mixed method, menggabungkan teknik penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 38 siswa kelas VII yang dipilih secara acak untuk mewakili seluruh populasi. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan pre-test post-test, kuesioner, dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Tes dilakukan sebelum dan setelah pemberian treatment dengan tujuan untuk menginvestigasi signifikansi positif dalam keterampilan menulis siswa kelas VII sebagai hasil dari aplikasi teknik Lanskap Linguistik melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Analisis data kuantitatif menggunakan uji paired T-Test menunjukkan efek signifikan dari Linguistic Landscape melalui Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis siswa, dengan hasil yang signifikan (sig. =.001 < α =.05). Penelitian juga menemukan efek positif dari kombinasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Teknik Linguistic Landscape terhadap keterampilan menulis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Singaraja. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa guru Bahasa Inggris kelas VII memberikan persepsi positif terkait implementasi teknik Linguistic Landscape melalui pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lanskap Linguistik, Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis, Persepsi Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Anom Cynthia Maheswari
Date Deposited: 20 Feb 2024 00:23
Last Modified: 20 Feb 2024 00:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18928

Actions (login required)

View Item View Item