PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIP PDF UNTUK MATERI STATISTIKA SISWA KELAS XII

Redy Kusuma Arta, Nyoman (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIP PDF UNTUK MATERI STATISTIKA SISWA KELAS XII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011002-ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011002-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis aplikasi Flip PDF yang valid, efektif, dan berguna untuk guru maupun siswa pada materi statistika kelas XII. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). E-modul terdiri dari beberapa komponen yakni halaman sampul depan, kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, materi pembelajaran (yang di dalamnya berisi video pembelajaran, materi, rangkuman, latihan soal, dan umpan balik), uji kompetensi, serta daftar pustaka. Berdasarkan hasil penilaian ahli, e-modul memperoleh skor kevalidan materi sebesar 2,85 dalam kategori valid. Selanjutnya, e-modul memperoleh skor kevalidan media sebesar 3 dalam kategori valid. Kemudian dilaksanakan uji coba terbatas kepada 29 siswa kelas XII SMAS Lab Undiksha Singaraja untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kegunaan e-modul yang dikembangkan. Rata-rata uji coba keefektifan dan kegunaan e-modul secara berturut-turut yaitu 82,76% dalam kategori sangat baik dan 83,10 dalam kategori diterima. Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa e-modul berbasis aplikasi Flip PDF valid, efektif, dan berguna sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, Flip PDF, statistika, model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Nyoman Redy Kusuma Arta
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:05
Last Modified: 20 Feb 2024 06:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item View Item