Saputra, Putu Satya Dadi (2024) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT PELAKU UMKM DALAM MELAKUKAN PINJAMAN PADA FINTECH LENDING YANG TERDAFTAR DI OJK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2017051036-COVER.pdf Download (951kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2017051036-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2017051036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2017051036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2017051036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2017051036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2017051036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2017051036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2017051036-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Fintech Peer-to-peer lending adalah salah satu platform yang adapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk pembiayaan usaha. Platform ini memberikan kemudahan dan sangat berguna bagi UMKM, namun mempunyai beberapa risiko yang harus diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan peer-to-peer lending pada UMKM di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pelaku UMKM sektor Perdagangan di Kabupaten Buleleng. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 UMKM Sektor Perdagangan di Kabupaten Buleleng yang mengetahui terkait aplikasi pinjaman online. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM dalam melakukan pinjaman pada fintech lending yang terdaftar di OJK; (2) Persepsi Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat UMKM dalam melakukan pinjaman pada fintech lending yang terdaftar di OJK; (3) Persepsi Risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat UMKM dalam melakukan pinjaman pada fintech lending yang terdaftar di OJK. Implikasi dari penelitian ini menunjukan bahwasannya minat penggunaan peer-to-peer lending pada UMKM cukup tinggi diakibatkan oleh kemudahan dan kegunaanya, namun masih ada rasa keraguan diakibatkan oleh persepsi risiko yang dimiliki dari aplikasi tersebut. Diharapkan temuan penelitian ini akan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM untuk mempertimbangkan pemilihan platform untuk membiayai usaha yang sedang mereka lakukan untuk mengembangkan usaha yang sedang mereka jalankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Risiko, Fintech Peer-to-peer lending |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Putu Satya Dadi Saputra |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 01:02 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18940 |
Actions (login required)
View Item |