Welly Sarjani, Luh Putu (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2223071002-Cover.pdf Download (439kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2223071002-Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2223071002-Bab 3 Metode Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071002-Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2223071002-Lampiran.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan keterampilan kolaborasi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment), dengan pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi terdiri atas siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 sejumlah sebelas kelas. Sampel ditentukan dengan teknik nonprobability sampling sejumlah empat kelas. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterampilan kolaborasi dan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan Manova One Way menggunakan program IBM SPSS Statistics 25 for Windows. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas multivariat, uji homogenitas matriks varians kovarian, uji linieritas dan uji korelasi antar variabel. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPA baik secara simultan maupun terpisah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan nilai p<0,05, (2) terdapat perbedaan signifikan keterampilan kolaborasi antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai p<0,05 dan (3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai p<0,05. Merujuk pada hasil penelitian bahwa keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis proyek, model pembelajaran konvensional, keterampilan kolaborasi, hasil belajar IPA, SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Welly Sarjani |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 12:39 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 12:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18944 |
Actions (login required)
View Item |