THE APPLICATION OF SHAPE POEM TECHNIQUE TROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 5TH GRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Trisna Dewi, Ida Ayu Komang (2024) THE APPLICATION OF SHAPE POEM TECHNIQUE TROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 5TH GRADE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021003-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2012021003-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abad 21 menuntut proses pembelajaran yang autentik dan bermakna untuk memenuhi 6 keterampilan yang dibutuhkan. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan komunikasi, khususnya dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, salah satu komponen penting adalah penguasaan kosakata yang perlu ditanamkan sejak dini. Salah satu sekolah di Singaraja yang mempunyai keinginan besar untuk menjadi sekolah bilingual adalah SD Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dan apa persepsi guru mengenai penerapan inovatif teknik shape poem melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5A. Untuk mengetahui persepsi guru digunakan informasi dari satu guru bahasa Inggris di kelas 5A. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pre-test dan post-test yang diberikan kepada seluruh siswa 5A serta angket dan wawancara yang diberikan kepada guru bahasa Inggris kelas 5A. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif dari analisis hasil pre-test dan post-test siswa, serta jawaban angket yang diperkuat dengan jawaban wawancara oleh guru bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan teknik shape poem melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap penguasaan kosakata siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan guru bahasa Inggris kelas 5A memberikan persepsi positif terhadap penerapan teknik shape poem melalui pembelajaran berbasis proyek terhadap pengembangan penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shape poem, pembelajaran berbasis proyek, penguasaan kosakata, persepsi guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Komang Trisna Dewi
Date Deposited: 20 Feb 2024 01:14
Last Modified: 20 Feb 2024 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item