PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

Tantriani, Ni Putu (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011003-COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011003-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011003-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen untuk mengukur kemampuan disposisi matematis siswa SMA. Instrumen yang dikembangkan berbentuk tes uraian yang terdiri dari 3 paket soal dan masing-masing paket terdiri dari 10 butir soal pada materi Persamaan, Barisan dan Deret, serta Trigonometri dengan menggunakan soal-soal matematika yang berkaitan dengan masalah sehari-hari atau berkonteks kehidupan nyata (kontekstual) yang konkret Penelitian pengembangan ini menggunakan model Formative Reasearch yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), dan tahap evaluasi formatif (formative evaluation) yang melalui ulasan ahli (expert reviews) dan tes lapangan (field test). Instrumen yang dikembangkan diujicobakan pada 75 siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Kuta Utara. Uji coba mendapatkan hasil sebagai berikut. (1) Konsistensi internal terpenuhi, paket A delapan butir konsisten, paket B sembilan butir konsisten dan paket C semua butir soal konsisten. (2) Koefisien reliabilitas paket A sebesar 0,74, paket B sebesar 0,69, paket C sebesar 0,64 yang mana semuanya termasuk kategori tinggi. (3) Indeks daya beda paket A sebesar 0,43, paket B sebesar 0,41, dan paket C sebesar 0,45yang mana semuanya termasuk kategori sangat baik. (4) Taraf kesukaran paket A dan B 50% termasuk kategori sukar dan 50% kategori mudah, sedangkan paket C 60% termasuk kategori sukar dan 40% kategori mudah. (5) Dari hasil analisis butir fit, ketiga item fit terpenuhi sesuai dengan model ideal pengukuran. Kemampuan disposisi matematis siswa yang mengerjakan soal pada paket A sebanyak 13,6% siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi, 59,1% memiliki kemampuan disposisi matematis sedang, sedangkan 21,6% siswa memiliki kemampuan disposisi matematis rendah, pada paket B sebanyak 33% siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi, 52,3% memiliki kemampuan disposisi matematis sedang, sedangkan 11,4% siswa memiliki kemampuan disposisi matematis rendah, pada paket C sebanyak 67% siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematis tinggi, 21,6% memiliki kemampuan disposisi matematis sedang, sedangkan 11,4% siswa memiliki kemampuan disposisi matematis rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Karakteristik, Instrumen Tes, Kemampuan Disposisi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Tantriani
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:45
Last Modified: 21 Feb 2024 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18956

Actions (login required)

View Item View Item