Ningrum, Mega (2024) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PERENCANAAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI KELAS XI DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051031-COVER.pdf Download (273kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051031-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051031-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan serta mendeskripsikan respons guru dan siswa terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran perencanaan bisnis konstruksi dan properti kelas XI dengan model flipped classroom di SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu, analyze, design, development, implementation, and evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas XI dengan jumlah 32 orang peserta didik dan guru pengampu mata pelajaran perencanaan bisnis konstruksi dan properti. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari instrument angket dan kuisioner. Hasil perhitungan dari penilaian uji ahli isi, media dan desain pembelajaran memperoleh hasil rata-rata sebesar 1,00. Apabila dikonversikan ke dalam tabel kriteria rata-rata uji ahli, maka diperoleh tingkat validitas “Sangat Valid”. Pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 83%, pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 81%, dan pada uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 81%. Pada uji efektivitas memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,792 dan termasuk dalam interpretasi “Tinggi”. Pada uji respon peserta didik dan guru memperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 61 dan 42 dengan kategori “Sangat Praktis”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran perencanaan bisnis konstruksi dan properti ini kevalidan (sangat valid), keefektivan (tinggi) dan kepraktisan (sangat praktis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Flipped Classroom, Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Mega Ningrum |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 00:30 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 00:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19029 |
Actions (login required)
View Item |