Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berstrategi Discovery Learning Mata Pembelajaran PJOK Materi Aktivitas Air Di SMP Negeri 2 Banjarangkan

Putra, I Kadek Adhi Naryana (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berstrategi Discovery Learning Mata Pembelajaran PJOK Materi Aktivitas Air Di SMP Negeri 2 Banjarangkan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari studi ini ialah untuk membuat alat pendidikan interaktif dan menilai reaksi siswa dan guru pada penerapan alat tersebut pada topik Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK). Studi ini secara khusus akan fokus pada penerapan paradigma Discovery Learning pada siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Banjarangkan. Metodologi studi dan pengembangan (R&D) yang dipakai pada studi ini didasarkan pada model pengembangan ADDIE lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Bersama dengan satu orang instruktur olahraga dan kesehatan serta dua puluh siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Banjarangkan berpartisipasi pada studi ini. Selama tahap pengumpulan data, kuesioner dipakai untuk mengumpulkan informasi. Hasil studi menunjukkan kalau isi pembelajaran diuji validitasnya dengan menggunakan perhitungan validasi ahli. Perhitungan ini melibatkan para ahli di bidang konten, media, dan desain pembelajaran. Rata-rata skor yang diperoleh ialah 1,00 yang menunjukkan penilaian “sangat valid”. Nilai N-Gain penilaian keefektifan media pembelajaran interaktif dengan strategi Discovery Learning sebesar 0,85 menunjukkan hasil yang “efektif”. Selain itu, rata-rata penilaian guru dan siswa pada kepraktisan media pembelajaran interaktif dengan strategi Discovery Learning masing-masing sebesar 63,35 dan 44, memenuhi kriteria “sangat praktis”. Hasil studi menunjukkan kalau media pembelajaran interaktif dengan teknik Discovery learning pada mata pelajaran PJOK berhasil memenuhi kriteria kualitas produk antara lain validitas, efektifitas, dan praktikalitas tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, ADDIE, Media Pembelajaran Interaktif, SMP Negeri 2 Banjarangkan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Kadek Adhi Naryana Putra
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:34
Last Modified: 21 Feb 2024 00:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item