UDAYANI, NI KOMANG RESTU TRI KRISNANTI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRATCH PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229041036_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041036_ABSTRAK.pdf Download (569kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041036_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (755kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041036_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2229041036_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041036_BAB IV HALIS DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229041036_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041036_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (695kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041036_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Abstrak Udayani, Ni Komang Restu Tri (2024), Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Scratch pada Topik Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd.; dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Kata kunci: scratch, media pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi, sistem pencernaan manusia Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis scratch, mengetahui validitas, mengetahui kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran berbasis scratch. Subjek penelitian adalah ahli isi/materi, desain, dan media. Subjek uji coba siswa kelas V SDN 1 Tribuana, SDN 2 Tribuana, dan SDN 3 Tribuana yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data kuesioner untuk memperoleh validitas dan kepraktisan serta pretest postest untuk efektivitas. Instrumen pengumpulan data pada kuesioner terdiri dari; instrumen isi/materi, instrumen media, lembar respon siswa, pretest postest. Analisis data yakni kuantitatif dan kualitatif. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran berbasis scratch melalui ahli isi/materi dan ahli media dinyatakan sangat baik dan layak digunakan; (2) kepraktisan media pembelajaran berbasis scratch oleh guru yaitu sebesar 100% dengan kategori sangat praktis sedangkan persentase tingkat pencapaian kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa yaitu sebesar 91,6; (3) media pembelajaran berbasis scratch uji efektivitas yang diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata ialah 0,72 yang artinya media pembelajaran berbasis scratch yang dikembangkan memiliki efektivitas tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis scratch ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir Tingkat tinggi siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cratch, media pembelajaran, kemampuan berpikir tingkat tinggi, sistem pencernaan manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Restu Tri Krisnanti Udayani |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 22:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 22:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19043 |
Actions (login required)
View Item |