Dewi, Ni Putu Pramitha Utami (2024) Persepsi Wisatawan Terhadap Objek Wisata Alas Kedaton Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (cover)
2115011061-COVER ASLI.pdf Download (812kB) |
|
Text (abstrak)
2115011061-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (557kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115011061-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASANdocx.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115011061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSATAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap objek wisata Alas Kedaton pasca pandemi covid-19 berdasarkan aspek 4A, yakni attraction (daya tarik), accessibility (aksesibilitas), amenity (fasilitas), ancillary service (pelayanan tambahan). Populasi dalam penelitian ini yaitu wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Alas Kedaton. Sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan melibatkan 100 responden yang kebetulan berada di objek wisata Alas Kedaton. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dan menggunakan skala likert untuk mengukur variable. Hasil penelitian menunjukkan persepsi wisatawan pada aspek attraction (daya tarik) setuju bahwa daya tarik alam dan buatan di objek wisata Alas Kedaton sudah dalam kondisi baik dan menarik, namun sebagian responden merasa cukup setuju terhadap keberadaan cinderamata di objek wisata Alas Kedaton. Pada aspek accessibility (aksesibilitas) wisatawan setuju terhadap kemudahan di perjalanan menuju objek wisata. Selain itu, wisatawan sangat setuju terhadap kenyamanan, keamanan serta waktu tempuh saat perjalanan menuju Alas Kedaton. Pada aspek amenity (fasilitas), respon wisatawan beragam. Wisatawan setuju terhadap keberadaan fasilitas primer yang memadai, kemudahan informasi, dan keamanan fasilitas primer. Wisatawan merasa sangat setuju terhadap kualitas fasilitas primer, dan merasa cukup setuju terhadap kenyamanan fasilitas primer di Alas Kedaton. Pada aspek ancillary service (pelayanan tambahan), wisatawan cukup setuju terhadap keberadaan fasilitas keuangan. Wisatawan merasa setuju terhadap keberadaan fasilitas penunjang yang baik, dan lokasi objek wisata yang dekat dengan sektor kesehatan/keamanan masyarakat. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa persepsi wisatawan terhadap objek wisata Alas Kedaton termasuk positif, yang berarti penelitian ini efektif untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap objek wisata Alas Kedaton pasca pandemi covid-19 dalam aspek 4A. Kata-kata kunci: persepsi, komponen 4A, attraction, accessibility, amenity, ancillary service
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, komponen 4A, attraction, accessibility, amenity, ancillary service |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Pramitha Utami Dewi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:30 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19044 |
Actions (login required)
View Item |