PEMBANGUNAN NILAI MORAL KEDISPLINAN SISWA BERBASIS PENDIDIKAN PANCASILA : STUDI KASUS SMPN 1 SAWAN

SITANGGANG, VINCENCIA EVELYN (2024) PEMBANGUNAN NILAI MORAL KEDISPLINAN SISWA BERBASIS PENDIDIKAN PANCASILA : STUDI KASUS SMPN 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014041013-COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014041013-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
2014041013-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembangunan nilai moral kedisiplinan siswa berbasis Pendidikan Pancasila di SMPN 1 Sawan. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi guru Pendidikan Pancasila dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, (1)sikap disiplin siswa cenderung baik, meskipun beberapa siswa menunjukkan perilaku kurang baik yang masih dapat diatasi. Sebagian besar perilaku ini berkaitan dengan kebiasaan buruk yang mereka bawa dari luar sekolah, seperti kesulitan ekonomi dan jarak tempat tinggal dengan sekolah.(2) Guru Pendidikan Pancasila telah melakukan upaya yang baik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penegakan aturan dan penerapan sanksi yang jelas sesuai dengan peraturan sekolah SMPN 1 Sawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila, Nilai Moral, Kedisplinan, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: VINCENCIA EVELYN SITANGGANG
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:42
Last Modified: 21 Feb 2024 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item