gunawan, sadhu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK (KUDA-KUDA, SIKAP PASANG, DAN BELAAN) PENCAK SILAT PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011035-COVER.pdf Download (694kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011035-ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (407kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011035- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan melalui wawancara analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pembelajaran pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran teknik (kuda-kuda, sikap pasang, dan belaan) pencak silat berbasis video tuorial dalam dengan model ADDIE. . Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas C semester III Penjaskesrek. Berdasarkan penilaian ahli isi materi mendapatkan nilai 97,3% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96,0% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 91,0% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba perorangan mendapatkan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 94% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 92,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video pembelajaran, Teknik Pencak Silat , Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Nyoman Sadhu Gunawan |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:33 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19104 |
Actions (login required)
View Item |