THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL MULTILINGUAL THEMATIC DICTIONARY TO ENHANCE LITERACY OF FIFTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS AT SDN 3 BANJAR JAWA

Panjaitan, Polo Jumita Sari (2024) THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL MULTILINGUAL THEMATIC DICTIONARY TO ENHANCE LITERACY OF FIFTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS AT SDN 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2012021061-COVER)
2012021061-COVER.pdf

Download (977kB)
[img] Text (2012021061-ABSTRAK)
2012021061-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (2012021061-BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text (2012021061-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (2012021061-BAB 3 METODELOGI)
2012021061-BAB 3 METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (2012021061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (2012021061-BAB 5 PENUTUP)
2012021061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (2012021061-LAMPIRAN)
2012021061-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya kamus tematik digital multibahasa dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasinya terdiri dari siswa kelas V SDN 3 Banjar Jawa yang berjumlah 25 siswa. Siswa mendapat perlakuan pada setiap siklusnya. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi siswa yang terdiri dari satu pre-test, satu lembar observasi, dan dua post-test. Pre-test dan post-test diambil dari penelitian terdahulu yang terlebih dahulu melalui revisi dan expert judgement oleh kedua dosen Universitas Pendidikan Ganesha fakultas bahasa dan seni. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hipotesis penelitian ini adalah “Dapatkah kamus tematik digital multibahasa meningkatkan literasi siswa kelas 5 SD Negeri 3 Banjar Jawa?”. Penelitian ini berhasil jika nilai siswa diatas nilai ketuntasan minimal (KKM 70). Nilai rata-rata pada pre-test 63,40, dengan 44% siswa memperoleh KKM; pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 72,08 dengan persentase 72% siswa memperoleh KKM; dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 94,40 dengan persentase siswa yang memperoleh KKM sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kamus tematik multibahasa digital efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, kamus digital multibahasa direkomendasikan agar guru sekolah dasar dan praktisi pendidikan dapat memanfaatkan media literasi, salah satunya kamus tematik multibahasa digital, untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang terdapat dalam kurikulum secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kamus digital multibahasa, literasi, sekoalah dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
P Language and Literature > PE English
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Polo Jumita Sari Panjaitan
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:37
Last Modified: 21 Feb 2024 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item