Kusumasari, Putu Rastiti (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041015-COVER.pdf Download (286kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041015-ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041015-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas V di sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pada penelitian ini, yaitu kuesioner/angket validitas dan kepraktisan, serta kuesioner minat belajar. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi terfokus pada gaya belajar siswa yang beragam berkaitan dengan materi Sistem Pencernaan Manusia. (2) Hasil rata-rata validitas, dan kepraktisan berdasarkan uji coba, yaitu: (a) analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 3,85 dan berada pada rentang 3,50 ≤ Rv ≤ 4,00 yang menunjukkan kategori sangat valid; (b) kepraktisan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi ini menunjukkan rata-rata penilaian guru terhadap kepraktisan media sebesar 3,81 dan berada pada interval 3,50≤Rk≤4,00 yang menunjukkan kategori sangat praktis; (c) Begitu pula penilaian siswa diperoleh sebesar 3,57 berada pada kategori sangat praktis. (3) Uji paired samples t-test menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yang bernilai signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas V sekolah dasar yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, validitas, kepraktisan, efektivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putu Rastiti Kusumasari |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 12:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 12:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19209 |
Actions (login required)
View Item |