PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Kusumasari, Putu Rastiti (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041015-COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041015-ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041015-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk kelas V di sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pada penelitian ini, yaitu kuesioner/angket validitas dan kepraktisan, serta kuesioner minat belajar. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi terfokus pada gaya belajar siswa yang beragam berkaitan dengan materi Sistem Pencernaan Manusia. (2) Hasil rata-rata validitas, dan kepraktisan berdasarkan uji coba, yaitu: (a) analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 3,85 dan berada pada rentang 3,50 ≤ Rv ≤ 4,00 yang menunjukkan kategori sangat valid; (b) kepraktisan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi ini menunjukkan rata-rata penilaian guru terhadap kepraktisan media sebesar 3,81 dan berada pada interval 3,50≤Rk≤4,00 yang menunjukkan kategori sangat praktis; (c) Begitu pula penilaian siswa diperoleh sebesar 3,57 berada pada kategori sangat praktis. (3) Uji paired samples t-test menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yang bernilai signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas V sekolah dasar yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, validitas, kepraktisan, efektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Rastiti Kusumasari
Date Deposited: 21 Feb 2024 12:26
Last Modified: 21 Feb 2024 12:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item