Yudaparmita, Gusti Ngurah Arya (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011007-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011007-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011007-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) rancang bangun model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran; (2) validitas model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran; (3) kepraktisan model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran; dan (4) efektivitas model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa. Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran dilaksanakan melalui 5 tahapan, yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (5) Evaluation (ADDIE) dengan melibatkan 7 orang ahli dalam proses uji validitas, 10 orang dosen dan 20 orang mahasiswa pada proses uji kepraktisan, dan 40 orang mahasiswa semester IV Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja pada tahap uji efektivitas. Uji validitas dianalisis menggunakan formula Lawshe, analisis data uji kepraktisan menggunakan Penilaian Acuan Patokan, dan untuk menentukan efektivitas dianalisis dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan kepada dosen pengajar pendidikan jasmani di STAHN Mpu Kuturan Singaraja dan dosen pengajar PJOK di perguruan tinggi yang lain dapat menerapkan model pembelajaran pendidikan jasmani materi pendidikan kesehatan berbasis collaborative teamwork learning berbantuan video pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | collaborative teamwork learning, video pembelajaran, pendidikan jasmani, pendidikan kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Gusti Ngurah Arya Yudaparmita |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:58 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19238 |
Actions (login required)
View Item |