DEVELOPING LEARNING MEDIA IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS

Deviana, Kristina Kusuma (2024) DEVELOPING LEARNING MEDIA IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021017-COVER.pdf

Download (359kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021017-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021017-LAMPIRAN.pdf

Download (467kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video untuk pembelajaran kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan Canva untuk kelas 10 jurusan perhotelan SMK Negeri 1 Singaraja. Desain and Development (D&D) yang diusulkan oleh Richey dan Klein (2005) digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari empat fase, yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Pengamatan awal telah dilaksanakan oleh peneliti kepada guru bahasa Inggris kelas 10 di SMK Negeri 1 Singaraja untuk menggali informasi lebih dalam tentang permasalahan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Inggris. Dari sini media pembelajaran untuk kosakata bahasa Inggris dibutuhkan untuk menumbuhkan kemampuan dan motivasi siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Terdapat enam instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data, seperti catatan peneliti, cetak biru, lembar validasi instrumen, dan juga lembar penilaian ahli (konten dan media). Beberapa proses dilakukan dalam pengumpulan data di penelitian ini, seperti analisis masalah dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris, analisis Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan studi pustaka. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian. Proses pengembangan media pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan Canva dijelaskan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan, kualitas dari media pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan Canva dijelaskan menggunakan metode kuantitatif. Dua topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yaitu teks deskriptif dan teks eksposisi analitik digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan Canva. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal penilaian konten, penilai pertama memberikan nilai 96,3% dan penilai kedua memberikan nilai 90,9%. Sementara itu, dalam hal penilaian media, penilai pertama memberikan nilai 94% dan penilai kedua memberikan nilai 90%. Berdasarkan hasil, produk yang dikembangkan dikualifikasikan sangat baik dan tidak memerlukan revisi. Dengan kata lain, media pembelajaran kosakata bahasa Inggris menggunakan Canva dapat diaplikasikan dalam proses belajar mengajar kosakata bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, kosakata bahasa Inggris, Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kristina Kusuma Deviana
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:18
Last Modified: 22 Feb 2024 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19277

Actions (login required)

View Item View Item